BP3IP Jakarta

Ship Maneveuring Simulator

Full Mission Ship Simulator terdiri dari 3 bagian, Ship Maneuvering Simulator (SMS), Engine Room Simualtor (ERS), dan Diesel Engine Plant (DEP). Ship Maneuvering Simulator (SMS) mensimulasikan gerak kapal termasuk sistem visual dari atas anjungan sesuai dengan pengoperasian peralatan navigasinya.

Ship Maneuvering Simulator (SMS) tidak hanya dioperasikan secara individu (independen) tapi juga dapat disimulasikan secara bersamaan (joint operation) sehingga peserta pelatihan baik deck maupun engine departement dapat dilatih secara bersama dalam kerja tim untuk mendapatkan pengalaman dari subyek pelatihan terpadu seperti kondisi nyata diatas kapal.

Sistem di SMS terdiri dari beberapa sub, yaitu, sistem kontrol anjungan, sistem simulasi suara, sistem simulasi radar, sistem visual, dan lain-lain yang beroperasikan secara sistematik dan saling terkait. Simulasi anjungan sendiri mencakup sembilan (9) jenis kapal, yang dapat diskenariokan baik dalam kondisi bermuatan penuh maupun kosong. Sistem secara realistis mensimulasikan gerakan hidrodinamika kapal berdasarkan kinerja kapal yang sebenarnya.

Materi pelatihan yang dapat dilakukan di Ship Manevering Simulator, diantaranya :

  • Routine duties undertaken during in and out dockyard and stand-by for arriving and leaving port
  • Performing the navigational watch
  • Look-out
  • Watch arangement
  • Taking over the Watch
  • Watch-keeping under different conditions and in different areas such as clear Weather, restricted visibility, in hours of darkness, coastal and congested waters, navigation with pilot on board, and ship at anchor.
  • Standard maneuvers such as carrying out turning-circle trial with given initial speed and under rudder angle in loaded condition, carrying out zigzag maneuvers, carrying out a crash stop in loaded condition, etc.
  • Maneuvering under wind and current effects, shallow water effects, bank channel interaction effects, etc.
  • Management of the bridge
  • Human factor in errors
  • Crises management for the bridge team
  • Carrying out a voyage in normal and emergency situations
  • Man overboard