BP3IP Jakarta

Bimbingan Teknis E-Learning

Jakarta-Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta melaksanakan kegiatan bimbingan teknis pembelajaran dengan metode distance e-learning pada hari Rabu s.d. Kamis, 26-27 Februari 2020 di BP3IP Jakarta. Kegiatan ini merupakan program peningkatan kualitas pengajar melalui bimbingan teknis penerapan e-learning. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 80 (delapan puluh) peserta yang merupakan para pengajar BP3IP.

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di BP3IP, dikembangkan pembelajaran dengan konsep distance e-learning yang merupakan pilot project pertama konsep pendidikan jarak jauh di lingkungan BPSDM Perhubungan. Di BP3IP, telah dikembangkan aplikasi untuk pembelajaran distance e-learning tersebut yaitu dengan link etraining.bp3ip.id. Di tahun 2020, telah diterapkan pembelajaran e-learning untuk Diklat Pelaut tingkat I, II, dan II. Dalam rangka memperlancar penerapan e-learning tersebut, diperlukan pula tenaga pengajar yang kompeten dan menguasai teknologi serta cara pengoperasian dan konsep pembelajaran e-learning. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pelatihan dan bimbingan teknis pembelajaran e-learning dalam diklat kepelautan di BP3IP Jakarta.

 

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan bimbingan teknis ini adalah memberikan pembekalan secara teknis tentang pengelolaan materi dan quiz serta sistem pembelajaran distance e-learning learning di BP3IP Jakarta yang dilaksanakan melalui link etraining.bp3ip.id. Dengan adanya kegiatan ini, maka diharapkan dapat menambah bekal pengajar untuk senantiasa mengembangkan diri mengikuti perkembangan teknologi dunia pendidikan sehingga kita dapat mencetak pelaut yang unggul dan handal serta mengikuti perkembangan teknologi mutakhir.

 

Era digitalisasi dan revolusi industri 4.0, akan makin membuka tantangan dan peluang baru untuk melakukan pengembangan metode pendidikan. Karena itu BP3IP telah memulai menyelenggarakan metode pendidikan dengan distance e-learning.