BP3IP Jakarta

Wisuda ke-25 BP3IP Jakarta

Pada hari Kamis, 28 November 2019 Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta menyelenggarakan Acara Wisuda ke-25 bagi para lulusan program Diklat Pelaut Tingkat - IV (Empat) bidang keahlian Nautika dan Teknika pada Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta, bertempat di Klub Kelapa Gading, Jalan Boulevard Raya Blok KGC, Kelapa Gading, RW.1, Klp. Gading Tim., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240, dengan tema “Membentuk Pelaut Profesional Yang Bertaqwa dan Bertanggung Jawab di Era Industri 4.0”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Capt. Weku Frederik Karuntu, MM selaku Direktur BP3IP, telah melantik sebanyak 80 orang lulusan diklat pelaut, dimana terdiri dari 42 orang yang berasal dari diklat pelaut tingkat IV bidang keahlian Nautika dan 38 orang yang berasal dari diklat pelaut tingkat IV bidang keahlian Tehnika. Masing masing diklat ditempuh selama 4 bulan.

Dalam acara wisuda yang ke XXV ini, Bapak direktur yang sekaligus menjadi Inspektur Upacara menyampaikan tentang era digitalisasi dan revolusi industri 4.0 yang semakin membuka tantangan dan peluang baru untuk melakukan pengembangan pendidikan dan pelatihan baru dalam menjawab kebutuhan industri pelayaran kedepan,  dimana memang diperlukan pengembangan kurikulum dan kompetensi tenaga pengajar   dan instrumennya   serta sarana dan prasarana yang memadai. Selain itu Bapak Direktur juga mengingatkan Dalam rangka menuju Indonesia Emas di tahun 2045, diperlukan peningkatan industrialisasi, penyiapan SDM yang unggul,   sarana prasarana  yang berbasis teknologi,   serta dukungan good governance dan regulasi serta iklim investasi yang kondusif. Untuk menunjang hal tersebut,   diperlukan SDM yang unggul   dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang terkoneksi,   andal, selamat, aman, dan nyaman. Hal ini sejalan dengan amanah Presiden   yang mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun SDM maupun lima tahun yang akan datang. Maka dari itu, Dalam menghadapi tantangan digitalisasi dan era industsi 4.0, dalam sektor pendidikan pelaut BP3IP telah memulai dengan menyelenggarakan distance e-learning, dan melakukan kolaborasi dengan stakeholder,   serta mengembangkan diklat non mandatory yang diperlukan pasar.

Tidak lupa Bapak direktur memberi pesan kepada para wisudawan untuk tetap menjaga nama almamater BP3IP, membawa nama BP3IP hingga ke seluruh penjuru dunia, mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan dan pengembangan industry maritime serta senantiasa menjaga martabat keluarga dan bangsa Indonesia. BHINNEKA EKA BHAKTI SAMUDRA!!!