BP3IP Jakarta

Pelaksanaan Survey Kepuasan Masyarakat Periode I Tahun 2018 di BP3IP Jakarta

Kegiatan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dilakukan bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Sesuai dengan PERMENPAN RB No.16 tahun 2014, Penyelenggara pelayanan publik wajib melakukan SKM secara berkala minimal 1 (satu) kali setahun.

Sejalan dengan sasaran SKM untuk mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan, mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, dan mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik, diharapkan BP3IP akan terus melakukan perbaikan dari waktu ke waktu sehingga dan pada gilirannya diharapkan mampu menjamin sasaran peningkatan kualitas Penyelenggaraan Diklat Kepelauatan di BP3IP.

Adapun persiapan Survey Kepuasan Masyarakat dimulai dari penyusunan instrumen SKM, Penentuan responden SKM dan Penyusunan jadwal dan petugas penyebaran kuesioner. Selanjutnya pelaksanaan dilakukan dengan Penyebaran Kuesioner, Input Data, Analisis Data & Validasi Hasil SKM.

Data Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dikumpulkan melalui kuesioner dengan indikator sesuai Kepmenpan RB No.16 tahun 2014 dan menambahkan indikator lain untuk peningkatan layanan BP3IP. Data responden pada kuesioner meliputi umur, jenis kelamin, ijasah pelaut terakhir, diklat yang sedang diikuti dan jabatan di atas kapal.

Penentuan responden SKM periode I tahun 2018 dilakukan melalui sensus. Responden SKM periode I tahun 2018 yaitu semua peserta diklat peningkatan yang masih aktif mengikuti pembelajaran di BP3IP selama pengambilan data SKM meliputi Peserta Diklat Pelaut (DP) I Nautika dan Teknika sampai DP V Nautika dan Teknika periode I tahun 2018 yaitu sebanyak 657 responden. dengan rincian 642 responden submit link survey. Penyebaran kuesioner SKM dilakukan selama bulan Januari sampai April 2018 oleh QMR.

Penyebaran kuesioner SKM dilakukan pada jam pembelajaran, selama selang waktu istirahat antar mata pelajaran. Kuesioner disebarkan ke masing-masing kelas oleh petugas. Data hasil kuesioner dari semua responden, yaitu sebanyak 657 responden. dengan rincian 642 responden submit link survey diinput oleh QMR untuk kemudian dianalisis.

   

Hasil SKM dianalisis dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Hasil SKM tahun 2018 BP3IP Jakarta yaitu 3,24, dengan klasifikasi nilai mutu pelayanan “Baik” sesuai dengan PERMENPAN RB NO.16 tahun 2014. Adanya peningkatan nilai SKM sebesar 0,11 dari 3,13 pada tahun 2017 menjadi 3,24 tahun 2018. Peningkatan tersebut selaras dengan adanya peningkatan pelayanan BP3IP, diantaranya Pemasangan layar monitor pada tiap gedung untuk update informasi, Penyediaan fasilitas fitness, Penyediaan air minum dingin untuk para calon peserta atau peserta di bagian pendaftaran dan di tempat pemeriksaan kesehatan, Penyediaan Customer service di Gd.B lantai Dasar untuk media pelayanan customer, dan Penyediaan ruang Pengaduan di Gd. A lantai 1.

Disamping adanya peningkatan hasil SKM, namun juga ada beberapa saran masukan dari responden terkait pelayanan di BP3IP, diantaranya terkait dengan pelayanan lahan parkir BP3IP Jakarta, sarana pembelajaran, serta fasilitas kantin.

Validasi hasil SKM periode I tahun 2018 dilakukan melalui kegiatan Review dan Analisis hasil Survey Kepuasaan Masyarakat yang diselenggakan pada tanggal 06 Juni 2018 dengan melibatkan 35 pegawai dan senat BP3IP dan menghadirkan seorang narasumber dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Dalam Validasi hasil SKM tersebut dipaparkan hasil analisis SKM yang telah dilakukan.