BP3IP Jakarta

Motivation Training BP3IP P1/2016

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Pasis baik secara individu maupun tim, mempererat tali persaudaraan dan menjaga tali silaturahmi, BP3IP Jakarta menyelenggarakan kegiatan motivasi kepada Perwira Siswa (Pasis) Diklat Pelaut tingkat I, II, III & IV bertempat di Telaga Cikeas pada tanggal 13 dan 14 Pebruari 2016. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Peyelenggaraan Capt. Dedtri Anwar, M.M, M.Mar yang mewakili Direktur BP3IP Jakarta, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa seorang pelaut tidak boleh mementingkan diri sendiri, harus saling membantu walaupun kita semua terdiri dari berbagai macam golongan,agama, suku, ras yang berbeda baik tua maupun muda. “ Dimanapun kalian berada setelah menyelesaikan pendidikan di BP3IP Jakarta, kalian harus tetap menjaga tali persaudaraan dan silaturahmi antar pelaut Indonesia”.

Kegiatan motivasi Pasis ini dibagi dalam 2 (dua) sesi, yaitu sesi pertama di hari Sabtu tanggal 13 Pebruari 2016 berupa kegiatan motivasi yang diikuti oleh 436 orang Pasis Tingkat I dan II Nautika dan Teknika, sementara keesokan harinya Minggu tanggal 14 Pebruari 2016 giliran 472 orang Pasis Tingkat III dan IV Nautika dan Teknika yang mendapat pelatihan motivasi.

Udara yang cukup dingin dan gerimis mulai turun acara yang bertajuk Edutainment Outbound ini dimulai pada pukul 7.30 sampai dengan 15.00 WIB, dengan permainan kelompok yang terdiri dari 16-20 orang tiap kelompoknya yang memainkan 5 (lima) jenis permainan secara bergantian (rolling games), namun hal ini tidak menyurutkan semangat dan antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan tersebut. Peserta dari setiap kelompok dipilih secara acak baik tua maupun muda, sehingga dapat berbaur dalam tim dan bekerjasama dengan kelas berbeda untuk menjadi pemenang dengan memenangkan setiap perlombaan yang dipertandingkan. Terlihat dari setiap pertandingan para Leader dari masing – masing kelompok memberikan arahan kepada para anggotanya  untuk meyelesaikan perlombaan secara cepat dan mengumpulkan poin sebanyak – banyaknya, disini terlihat tim yang yang kompak dan bekerjasama dengan baik itulah pemenangnya. Supaya kegiatan ini berjalan dengan lancar setiap peserta wajib mentaati peraturan, menjaga norma kesopanan, tidak boleh merokok dan tentunya ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan.

Sejumlah permainan dengan arahan tim fasilitator dan motivator SKD Management di bawah pimpinan Ir. Irvan Marthen, M.M ini bertujuan untuk membangun kerjasama tim namun dikemas secara fun, sehingga setiap peserta bisa memberikan ide atau kreativitas pada kelompoknya masing – masing. Kerjasama yang solid dan mendengarkan instruksi dari leader tim menjadi kunci keberhasilan beberapa tim yang akhirnya menjadi pemenang I, II dan III pada kegiatan tersebut. Untuk memeriahkan suasana, dihadirkan hiburan musik untuk menemani waktu rehat dan makan siang peserta. Gelak tawa serta menyanyi bersama semakin menambah suasana akrab antar sesama peserta dan rasa lelah setelah mengikuti setiap kegiatan seakan hilang pada acara itu. 

Di akhir kegiatan, Kepala Seksi Rencana dan Program Supardi Temmu, M.Si, M.Mar.E menyatakan apresiasi atas semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan. Meskipun cuaca dingin dan hujan para peserta menyelesaikan kegiatan dengan baik dan tepat waktu, tidak lupa Supardi Temmu menyampaikan terima kasih atas kerjasama para Pasis yang telah mendukung kelancaran kegiatan dan dengan tertib mengikuti kegiatan serta mentaati peraturan panitia sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai.