BP3IP Jakarta

Wisuda VII Diklat Pelaut BP3IP Jakarta

Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,S.H, M.Si menghadiri dan memimpin Wisuda VII Diklat Pelaut (DP) lulusan Balai Besar Pendidikan Peningakatan dan Penyegaran Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta. Mereka adalah perwira pelaut niaga pertama yang dilantik BPSDM Perhubungan tahun 2016.

Pelantikan digelar di Ecopark Hall Ancol, Jakarta Utama, Rabu (3/2/2016). Jumlah total perwira pelaut yang akan diwisuda ini 428 perwira, mulai DP 2, DP 3 dan DP 4. Dengan perincian DP II Nautika sebanyak 79 orang, DP II Teknika 67 orang, DP III Nautika sebanyak 58 orang, DP III Teknika 53 orang, Sedang DP IV Nautika sebanyak 90 orang, dan DP IV Teknika sebanyak 82 orang.Mereka telah menjalani diklat sejak akhir tahun 2015 lalu. meliputi dua program studi (prodi) teknika dan nautika.

Wisuda kali ini dipimpin langsung Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, S.H, M.Si didampingi Direktur BP3IP Jakarta Capt. Mulder Mustafa,S.E, M.Mar

Hadir juga para pejabat BPSDM Perhubungan seperti Kapusbang SDM Perhubungan Laut Drs. Ridwan Setiawan, M.T, M.Mar.E, Kepala UPT di lingankungan BPSDM Perhubungan serta undangan dari sipil dan TNI.

Sementara, bertindak sebagai Komandan Upacara Capt. Chandra Mardhika Saputra, M.M.Tr, M.Mar yang sehari-harinya adalah dosen di BP3IP Jakarta.

Direktur Balai Besar Pendidikan, peningkatan dan Penyegaran Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta Capt. Mulder Mustafa,S.E, M.Mar dalam laporannya menegaskan ada empat kompetensi dasar dimiliki perwira pelaut lulusan yang dihasilkan. Semua itu akan menjadi bekal mereka untuk menghadapi tugas dan tantangan ke depan.

“Kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap serta kompetensi kemampuan menghadapi tantangan di laut seperti disayaratkan dalam STCW Amendeman Manila tahun 2010,” kata Capt. Mulder Mustafa pada Wisuda VII Tahun 2016 di Ecopark Ancol, Jakarta, Rabu (3/2/2016).