BP3IP Jakarta

Wisuda V BP3IP Jakarta

Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta kembali menggelar wisuda yang ke - V. Wisudawan yang merupakan perwira pelayaran niaga itu sudah berhasil mengikuti proses pendidikan dan latihan (diklat) yang berlangsung selama 11 bulan dengan prestasi memuaskan.

Wisuda V BP3IP Jakarta diikuti 481 perwira pelayaran niaga yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,SH,M.Si di Ecopark Hall Ancol, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Ada yang istimewa dalam Upacara wisuda kali ini dimana seluruh Perwira Upacara adalah Wanita hal ini sesuai dengan tema yang diusung yakni “Through BP3IP Graduation-V We Promote The Advancement of Women in Maritime Word”.

Para wisudawan adalah perwira pelaut dengan kompetensi Ahli Nautika Tingkat II, Ahli Teknika Tingkat II, Ahli Nautika Tingkat III, Ahli Teknika Tingkat III serta Ahli Nautika Tingkat IV dan Ahli Teknika Tingkat IV.

Direktur BP3IP Jakarta Capt. Mulder Mustafa dalam laporannya mengatakan, para perwira pelayaran niaga yang diwisuda ini sudah mengikuti program diklat selama 11 bulan.

“Kurikulum dan muatan diklat sudah disesuaikan dengan STCW 95  amandemen 2010 Manila. Oleh karena itu, kemampuan dan kompetensi mereka sudah sesuai standar international yang ditetapkan IMO,” kata Mulder.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo mengatakan, sejalan dengan kebutuhan SDM pelaut yang makin besar serta kompetensi yang prima.

Tommy menambahkan, BP3IP Jakarta harus senantiasa mengikuti ketentuan dan standar yang dibakukan secara international.

“Pelaut pada dasarnya sama, harus memiliki kemampuan dan kompetensi sama. Pada saatnya mereka bekerja diatas kapal harus tunduk dan taat pada hukum internasional,” sebut Tommy.

“Oleh karena itu, BP3IP sebagai lembaga pendidikan pelaut harus selalu meng-up date dan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme sesuai dinamika dan kebutuhan zaman,” tegas Tommy.