BP3IP Jakarta

Upacara Wisuda III Lulusan DP IV, III, Dan II

Upacara Wisuda III lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat IV, III, dan II Bidang Keahlian Nautika dan Teknika Periode III Tahun 2013 dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Agustus 2014 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.

Sesuai dengan program diklat yang telah dilaksanakan, telah siap 430 orang lulusan program diklat pelaut  yang terdiri dari :

  1. Diklat Pelaut Tingkat IV Bidang  Nautika dan Teknika 173 orang;
  2. Diklat Pelaut Tingkat III Bidang  Nautika dan Teknika 139 orang;
  3. Diklat Pelaut Tingkat II Bidang  Nautika dan Teknika 118 orang.

Dalam sambutannya Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Ir. Santoso Eddy Wibowo menyampaikan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang disepanjang garis khatulistiwa, terletak diantara dua benua dan dua samudera sehingga mempunyai posisi dan peran yang sangat strategis sebagai poros maritim dunia dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian negara kita, salah satunya adalah transportasi laut, terbukti sampai saat ini transportasi laut masih menjadi idola, untuk hal ini memang diperlukan tenaga pelaut. Tanpa adanya pelaut, perdagangan internasional akan berhenti.

Peran vital pelaut dalam pelayaran dunia yang dapat diartikan sebagai ruang mesinnya ekonomi global, “Without Shipping, The Bulk Transport Of Vital Raw Materials, Affordable Food And Manufactured Goods Would Simply Not Be Possible“ (tanpa pelayaran, transportasi bahan baku dan bahan makanan tidak akan berjalan).

Ada sekitar 1,5 juta pelaut dunia yang menjaga ‘mesin’ agar pelayaran dapat tetap berjalan, dimana sebagian besar dari mereka berasal dari negara berkembang termasuk indonesia, dengan jam kerja yang panjang di dalam segala cuaca serta terpisah dari keluarga selama berbulan-bulan menjadi tantangan hidup terbesar bagi pelaut.  Kami mendukung peran pelaut yang tiada akhir dalam menjalankan industri transportasi laut dunia dan sesuai dengan tema wisuda kali ini “ We Support The Endless Role Of Seafarers In Making The World Of Shipping In Motion”

Badan pengembangan sdm perhubungan selalu berusaha mewujudkan sumber daya manusia perhubungan yang prima, professional dan beretika dalam menyelenggarakan transportasi yang handal serta berorientasi zero accident.

Semoga yang bertugas diatas kapal benar-benar menunjukkan kompetensi , matang dalam sikap, membangun team work , serta menjaga nama baik almamater, bangsa dan negara.  Terus meningkatkan kompetensi baik diatas kapal maupun melalui lembaga diklat kepelautan untuk menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta tetap dan terus memelihara profesionalisme dan safety culture.

BHINEKA EKA BAKTI SAMUDRA ”