BP3IP Jakarta

BON VOYAGE – XXIX

Bon Voyage ke-XXIX Ahli Nautika Tingkat I dan Ahli Teknika Tingkat I BP3IP Jakarta dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Juni 2014. Acara bertempat di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bon Voyage kali ini diikuti oleh 117 peserta dari Diklat Pelaut Tingkat–I Nautika dan 108 Peserta dari Diklat Pelaut Tingkat I Teknika.

Menteri Perhubungan, E.E. Mangindaan, selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia saat ini telah mengalami kenaikan peringkat dalam Indeks Daya Saing Secara Global (Global Competitiveness Index) menurut World Economic Forumperiode 2013-2014. Dari 148 negara yang sebelumnya Indonesia menempati peringkat 57 telah beranjak naik pada posisi peringkat 38. Penentuan peringkat daya saing tersebut adalah didasarkan pada 12 indikator penilaian yang salah satu di antaranya adalah menyangkut aspek pendidikan dan pelatihan (Higher Education And Training), dalam konteks ini termasuk pendidikan dan pelatihan kepelautan.

Terkait dengan masalah pendidikan dan pelatihan kepelautan dewasa ini tercatat lebih kurang 250.000 (data BNP2TKI) pelaut dari tingkat rating sampai dengan manajemen level yang harus segera di mutakhirkan sesuai dengan konvensi internasional STCW 1978 Amandemen 2010. Yang menurut rencana harus sudah terselesaikan pada akhir tahun 2016. Hal ini merupakan tantangan bagi lembaga diklat untuk menyelesaikan tugas ini. Oleh karena itu segenap jajaran di lingkungan pendidikan dan pelatihan kepelautan untuk meningkatkan kemampuannya menyelesaikan tugas ini. Jika tidak tentunya akan berdampak negatif terhadap kondisi perekonomian nasional kita.

Terkait dengan sidang IMO Maritime Safety Committee yang ke-93 pada tanggal 14 s/d 23 mei 2014 di London tentang keselamatan dan keamanan pelayaran, maka sesuai dengan tema dalam Bon Voyage ini saya tegaskan semua pembelajaran yang terkait dengan keselamatan dan keamanan pelayaran agar lebih ditingkatkan dan diintensifkan guna menjamin tingkat keselamatan dan keamanan pelayaran yang lebih baik

Selamat kepada para peserta Bon Voyage, semoga sukses selalu dimanapun bertugas.